Sabtu, 30 Oktober 2010

Apa itu Halloween?

Alkisah ada seorang bernama Jack-O-Lantern yang ingin mati untuk mengetahui keberadaan surga. Sewaktu dia mengunjungi neraka dan bertemu dengan setan, si setan memberikannya batu bara yang menyala. Jack menaruh pemberian itu ke dalam buah lobak dan membawanya untuk meneranginya menuju jalan pulang.






Tradisi dari Skotlandia ini menjadi latar belakang cerita Halloween. Tapi sebetulnya versi peringatan dari berbagai negara itu berbeda-beda. Misalnya buah lobak yang sering dipakai untuk tradisi Halloween di Skotlandia, akhirnya tergantikan oleh buah labu yang digunakan oleh masyarakat Amerika sebagai pengganti lobak. Dan setiap ada acara Halloween, ada sebuah labu yang dibuat seperti muka orang dan diberi nama Jack-O-Lantern. Dan samapai sekarang, buah labu menjadi buah "wajib" di setiap peringatan Halloween di seluruh dunia.



Berbagai Macam Versi

Walau berbeda, budaya dan tradisi yang hidup di tiap negara itu, ternyata berawal dari satu pokok pemikiran: penghargaan atas yang tiada,dan diperingati sebagai cara mengingatkan kita dengan ketiadaan itu.

Di Irlandia, Halloween beraal dari kata Hallow (kesucian) dan E'en, yang artinya All Hallow eve/All Hallow mas/All Saints/All Soul Day yang dirayakan untuk memperingati jasa-jasa orang suci(Saint) di surga yang semasa hidupnya telah berjasa membela umat manusia.

Di era Episcopalians dan Lutherians zaman Katolik Roma, peringatan Halloween ini untuk penghormatan semua orang suci yang telah tiada, baik yang dukenal maupun yang tidak, yang pernah berjasa tehadap gereja.


Dan tradisi itu di adaptasi Inggris. Di inggris dikenal dengan kata Sanctify yang sama artinya dengan kesucian. Tradisi ini kepanjangan dari perayaan Valentine's Day tanggal 21 februari. Lewat Paus Boniface IV, peringatan Valentine's Day ini diadaptasi menjadi peringatan kematian All Saint yang diperingati tanggal 13 mei. Dan Raja Gregory III mengubah peringatan itu menjadi tanggal 1 November.



sumber: majalah Aneka Yess!

4 comments:

Anonim mengatakan...

Terimakasih atas informasi seputar halloweennya.Semoga membantu temen-temen dalam mengartikan makna halloween tersebut.

BTW, udah bergabung dengan program publisher dari http://negeriads.com? Kalau belum, boleh dicoba bergabung. Gratis. Sudah ada 10.000+ publisher yang bergabung, lho. Daftar tanpa biaya, dan selalu dibayar tepat waktu. Silakan dicoba aja. Keterangan lengkap ada di websitenya, :)

Iwan Blog Note on 11 November 2010 pukul 05.26 mengatakan...

ya sama-sama...

ok makasih, nanti aku coba, makasih juga infonya..

fazrul arhan on 24 November 2010 pukul 08.54 mengatakan...

Cerita yang menarik tentang halloween,makasih:)

Iwan Blog Note on 11 Desember 2010 pukul 07.07 mengatakan...

yup... sama sama

Posting Komentar

 

My YM

Counter

Aquarium

Pagerank

Powered by  MyPagerank.Net
Iwan Blog Copyright © 2010 Blogger Template Sponsored by Trip and Travel Guide